RENCANA STRATEGIS

A. VISI DAN MISI

Rencana Strategis adalah merupakan suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu satu sampai lima tahun dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kendala yang ada atau mungkin timbul. Rencana strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang Tahun 2011-2013 merupakan bagian integral dari kebijaksanaan dan program Pemerintah Kabupaten Enrekang dan merupakan landasan dan pedoman bagi seluruh aparat pelaksana pada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan selama kurun waktu 5 (lima) tahun.
Untuk mewujudkan Rencana strategis tentu perlu ditunjang oleh visi dan misi yang rasional. Untuk itu dapat diperhatikan Visi dan Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang, yaitu :

1. VISI
Visi merupakan suatu keadaan atau harapan yang harus diwujudkan pada masa yang akan datang. Dengan memiliki visi, arah kegiatan yang harus dilaksanakan menjadi jelas dan terfokus.
Adapun visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang yaitu :

“ TERWUJUDNYA SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL YANG TERTIB, AKURAT DAN DINAMIS MENUJU PENDUDUK YANG BERKUALITAS”.

VISI Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang dapat diuraikan secara ringkas sebagai berikut berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, yaitu :

1. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan pendataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan public dan pembangunan sector lain.

2. Pencatatan sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam registrasi pencatatan sipil pada instansi pelaksana.
System Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan yang ditangani oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang. Oleh karena itu dalam menjalankan tugas tersebut tentu ada harapan yang ingin diwujudkan, yaitu :

1. Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang tertib :
Dalam melaksanakan kegiatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan sipil selalu menjalankan tahapan atau prosedur yang berlaku, tidak melewati tahapan yang sudah ditentukan dan tidak menyimpang dari aturan-aturan yang berlaku.
2. Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang akurat :
Dalam melaksanakan kegiatan pencatatan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, data yang ada dan yang diberikan harus benar, tidak memberikan data palsu dan tidak memanipulasi data, sehingga data tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
3. Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dinamis;
Dalam melaksananakan system administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil data yang ada harus mengikuti perkembangan waktu terakhir, sehingga perubahannya kelihatan setiap waktu, apakah data yang ada itu statis atau tidak, atau misalkan dokumen yang dimiliki masih berlaku atau tidak.
Apabila Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tertib, akurat dan dinamis maka dalam penyusunan rencana pembangunan dan dalam menentukan kebijakan pembangunan akan berjalan dengan baik dan lancar.

2. MISI
Guna mewujudkan visi tersebut maka terdapat misi yang harus dilaksanakan, yaitu :

“MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT DALAM BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL”

Untuk mewujudkan misi ini ada beberapa faktor pendukung yang perlu dilakukan sebagai berikut:
1. Meningkatkan kualitas aparatur dan pelayanan aparatur terhadap tuntutan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Aparatur yang terlibat di dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil merupakan aparatur yang mampu dan konsisten dalam penanganan dokumen kependudukan karena dengan kualitas aparatur yang baik, maka kegiatan pelayanan akan berjalan lancer.
2. Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi atai SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). Program SIAK merupakan program Pemerintah yang bertujuan untuk melaksanakan penanganan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di seluruh Indonesia secara bersamaan dan dimanfaatkan oleh seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, walaupun belum seluruhnya memanfaatkan teknologi tersebut karena satu dan lain hal.
3. Meningkatkan penyebarluasan informasi, kepedulian dan peran serta masyarakat dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Masyarakat belum semuanya mengetahui tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, oleh karena itu perlu diadakan penyebarluasan informasi tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di setiap kesempatan, agar pengetahuan dan wawasan masyarakat meningkat dan menindaklanjutinya. Dan selanjutnya warga masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepadulian dan peran sertanya dalam penanganan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil karena tanpa kepedulian dan peran serta masyarakat tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu harus diupayakan bagaiman agar masyarakat mau peduli dan berperan serta dalam penanganan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
4. Meningkatnya kerja sama dengan pihak yang berwenang. Administrasi kependudukan dan pencatatan sipil merupakan program yang harus ditangani oleh berbagai pihak, oleh sebab itu perlu adanya kerjasama dengan pihak yang berwenang dan terkait dengan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

B. TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan yang ingin dicapai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang adalah :
1. Meningkatnya pelayanan administrasi kependudukan yang cepat, tepat, mudah, efektif dan efisien.
2. Mewujudkan dan mengembangkan system penyelenggaraan administrasi kependudukan dan penctatan sipil yang berbasis SIAK melalui peningkatan kualitas SDM.
3. Terwujudnya pranata hukum, kelembagaan serta peran serta masyarakat yang mendukung proses pendaftaran penduduk, pencatatan sipil guna memberikan kepastian dan perlindungan sesuai hak-hak penduduk.
4. Terwujudnya perencanaan kependudukan sebagai dasar perencanaan dan perumusan pembangunan daerah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan penduduk melalui peningkatan kesadaran masyarakatakan arti pentingnya administrasi kependudukan.

Adapun sasaran sebagai bentuk penjabaran dari tujuan yang telah ditetapkan di atas, adalah sebagai berikut :

1. Terciptanya iklim yang kondusif bagi terselenggaranya pelayanan administrasi kependudukan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
2. Meningkatnya kualitas pelayanan informasi dan pengembangan data base kependudukan.
3. Terciptanya peraturan perundang-undangan yang dapat memberikan kepastian dan perlindungan sesuai hak-hak penduduk.
4. Terlaksananya program sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kesadaran akan arti pentingnya administrasi kependudukan.

C. STRATEGI DAN KEBIJAKAN
Dalam rangka pencapian tujuan dan sasaran tentunya dibutuhkan sebuah strategi kebijakan yang harus diterapkan, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang menerapkan strategi kebijakan sebagai berikut :

1. Menjadikan factor kependudukan sebagai titik sentral pembangunan yang berkelanjutan, hal ini dicapai dengan pemahaman bahwa :

a. Pembangunan yang sasarannya adalah penduduk adalah kegiatan yang bersifat lintas sektoral, sehingga memerlukan strategi kebijakan kependudukan yang bersifat terpadu terhadap pengendalian kuantitas, kualitas dan pengarahan mobilitas yang didukung dengan penyediaan data dan informasi yang akurat.
b. Dalam rangka menunjang pengelolaan kependudukan pembangunan ditempuh dengan mengedepankan hak-hak penduduk dan perlindungan social serta pemberian pemahaman tentang pembangunan yang berwawasan kependudukan.

2. Menyelenggarakan administrasi kependudukan untuk mendorong terakomodirnya hak-hak penduduk serta perlindungan social, hal ini dapat dicapai dengan cara:
a. Menjadikan pelayanan pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.
b. Menerbitkan identitas dan dokumen kependudukan dilaksanakan untuk memberikan kepastian hukum serta kemudahan dalam pelayanan social lainnya.
c. Mencegah segala macam bentuk penyalahgunaan pelayanan yang merugikan masyarakat.

3. Menciptakan sistem administrasi kependudukanmelalui komitmen berbagai pihak dan peran serta masyarakat.
a. Dalam proses pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil melibatkan peran serta masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.
b. Pembentukan forum koordinasi dan komunikasi antar berbagai pihak dalam memecahkan permasalahan administrasi kependudukan.
c. Pengembangan pusat data terpadu sebagai muara pengumpulan biodata penduduk dari hasil pendaftaran dan pencatatan kejadian vital.

4. Mengelola program dan kegiatan dengan prinsip-prinsip good governance, hal ini dicapai dengan cara :
a. Mengerjakan proses kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil serta pengelolaan informasi secara transparan dan memenuhi standar akuntabilitas kinerja.
b. Pengelolaan seluruh program dilaksanakan oleh tenaga yang memiliki integritas, dedikasi dan kompetensi serta kemampuan yang professional.
Sebagai langkah tindak lanjut dalam pelaksanaan strategi kebijakan secara teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Erekang berusaha melakukan analisa terhadap factor-faktor kunci keberhasilan dengan mendekatkan analisis SWOT, sebagai media mengidentifikasi factor-faktor internal maupun eksternal pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s